Peningkatan Pendapatan Usaha Kelompok Budidaya Ikan Lele Melalui Diversifikasi Hasil Panen

  • Yayat Sujatna ITB Ahmad Dahlan Jakarta
  • Imal Istimal ITB Ahmad Dahlan Jakarta
Keywords: Diversifikasi, ikan lele, sosial media

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan teknik pengolahan ikan lele; meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mitra dalam penerapan teknologi dan pengetahuan dalam pengolahan ikan lele; meningkatkan nilai tambah dari lele melalui diversifikasi olahan ikan lele; meningkatkan pendapatan kelompok tani budidaya ikan lele. Metode yang digunakan untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh khalayak sasaran (mitra) adalah dengan pendekatan Partisipatory Rural Apprasial (PRA). Metode PRA merupakan metode pelaksanaan pengabdian masyarakat dengan melibatkan mitra dalam kegiatan. Tahapan-tahapan pelaksanaan kegiatan pengabdian terdiri dari penyuluhan, pelatihan dan praktek langsung serta evaluasi. Hasil kegiatan ini adalahpemahaman kesadaran mitra tentang diversifikasi produk terutama olahan lele meningkat; mitra mampu membuat berbagai olahan lele, yaitu siomay lele dan bakso lele; dan mitra mampu memasarkan produknya (olahanĀ  lele) melalui sosial media.

References

Daftar Pustaka

Mahardana, I.,P., Ambarwati, I., Ustriyana, I.N., 2015, Analisis Nilai Tambah Usaha Olahan Ikan (Kasus pada Kelompok Pengolah dan Pemasar Dwi Tunggal di Banjar Penganggahan, Desa Tengkudak, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan). Journal of Agribusiness and Agritourism, Vol. 4, No. 2: 56-64.

Yelianti, U., Hamidah, A., & Sukmono, T. (2016). Pembuatan Spesimen Hewan dan Tumbuhan Sebagai Media Pembelajaran di SMP Sekota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 31(4): 36-43.

Published
2019-05-23
Section
Articles