Pemanfaatan E-Commerce Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Handycraft Mama Art Deco

  • Sulistyo Seti Utami ITB Ahmad Dahlan Jakarta
  • Nur Aini ITB Ahmad Dahlan Jakarta
Keywords: pemasaran, media sosial, marketplace, E-commerce

Abstract

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pembahaman dan keterampilan kepada khalayak sasaran tentang media internet (e-commerce) sebagai sarana penjualan/promosi produk yang efektif dan efisien; mendorong khalayak sasaran untuk memanfaatkan media internet sebagai sarana pengembangan usaha; memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada khalayak sasaran dalam membuat konten iklan atau promosi di internet seperti di media sosial; melakukan pendampingan kepada khalayak sasaran dalam memanfaatkan berbagai market place berbasis internet sebagai sarana penjualan produk. Metode pendekatan dalam kegiatan ini melalui metode PALS (Particiatory Action Learning System). Hasil kegiatan ini adalah adanya pemahaman mitra tentang pemasaran melalui e-commerce; mitra mampu membuat toko pada marketplace dan promosi melalui sosial media secara mandiri. Hasil penilaian pengguna internet menyatakan bahwa pemasaran produk mitra melalui e-commerce memiliki nilai informatif, persuasif (meyakinkan), dan intention (memiliki daya tarik) yang tinggi.

References

Daftar Pustaka

Ahyuna, Hamzah, M., D., dan Najib, M., 2013. Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal Oleh Kalangan Usaha Di Kota Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 2, No.1 Januari – Maret 2013, 30-40, http://bit.ly/2gZHhU6.

Hartanto, AAT , 2010, Panduan Aplikasi Smartphon, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. ISBN 100-6762-33-5.

Jamaludin, A., Arifin, Z., dan Hidayat, K., 2015. Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang).Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 21 No. 1 April 2015. http://bit.ly/2zaTPTt.

Mahedy, K., S., Parmawati, P., T., dan Ernanda, K., Y., 2016. Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pemasaran Hasil Produksi Bagi Asosiasi Pengrajin Industri Kecil (APIK) Kabupaten Buleleng. Fakultas Teknik Dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. http://bit.ly/2xZgnCD.

Swasta, I., B., J., Karyasa,I., W., Rai, I.,W., dan Suardika, I., P., 2011. Implementasi Program Ipteks Bagi Wilayah Di Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng Tahun 2010. Majalah Aplikasi Ipteks Ngayah, 2(2), 2011, Hal. 12-21.

Published
2019-05-23
Section
Articles